Daftar Tempat Wisata di Jakarta

Daftar tempat wisata di Jakarta – Jakarta merupakan sebuah kota yang penuh dengan nilai-nilai sejarah. Kota yang dahulu bernama Batavia ini terus mengalami kemajuan pembangunan. Namun, mungkin terlalu terdepan dalam hal pembangunan maka pada saat ini Jakarta sudah penuh sesak dengan dinding-ding beton yang sangat tinggi. Tidak heran apabila Jakarta mempunyai julukan sebagai kota 1 juta mall. Dan julukan itu dibenarkan dengan adanya survey dari badan dunia yang menyatakan bahwa Jakarta merupakan kota dengan jumlah Mall terbanyak di Dunia. Sungguh merupakan dilema bagi para warganya, apakah hal ini merupakan sebuah prestasi atau merupakan suatu kemunduran. Dibalik kontroversi tersebut, faktanya Jakarta tidak banyak memiliki kawasan yang dikhususkan untuk berekreasi selain berekreasi di Mall.
Sehingga warga Jakarta ataupun warga yang datang dari luar Jakarta selalu berkumpul di satu titik yang sama, sehingga kemacetan lalu lintas tidak bisa dihindari. Hal ini wajar saja terjadi, karena rasa bosan berekreasi dengan mengunjungi Mall maka tempat rekreasi selain Mall lah yang dicari. Dan semoga dengan terpublikasikannya daftar tempat wisata di Jakarta ini bisa menjadi alternatif wisata selain dengan mengunjungi Mall.


1. Kebun Binatang Ragunan
Adalah sebuah kawasan yang berlokasi di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang dengan luas lahan sebesar 140 hektar dan dihuni oleh berbagai jenis hewan. Kebun Binatang Ragunan merupakan rumah bagi 295 spesies dan 4040 spesimen. Kebun Binatang Ragunan merupakan wahana yang masuk dalam daftar wisata di Jakarta selain Mall yang wajib untuk dikunjungi. Kebun Binatang Ragunan diresmikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu yaitu Bapak Ali Sadikin pada tanggal 22 Juni 1966. Kebun Binatang Ragunan merupakan tempat tujuan wisata di Jakarta yang memiliki fungsi ganda. Selain sebagai tempat untuk rekreasi, tetapi juga bisa untuk tempat belajar bagi anak-anak untuk mengenal makhluk hidup selain manusia. Dan berikut ini info singkat dari Kebun Binatang Ragunan :
Lokasi    : Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jenis objek    : Kebun Binatang
Operasi    : 10.00 – 17.00 WIB

2. Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monas
Merupakan sebuah kawasan yang dimana terdapat sebuah monumen setinggi 132 meter. Monumen ini mempunyai arti bagi Indonesia, yaitu sebagai sebuah penghromatan bagi para rakyat Indonesia yang berusaha untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Monument Nasional atau disingkat Monas terletak tepat di jantung lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Tugu yang dihiasi oleh lidah api yang dilapisi emas ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Bagi yang ingin merasakan atmosfer para pejuang kemerdekaan maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi Monumen Nasioal ini. Selain itu juga dikawasan luar Monas ini digambarkan kisah kejayaan Nusantara pada jaman dahulu kala. Dimulai dari relief dari kerajaan Singhasari dan Majapit yang disusul searah jarum jam dengan masa penjajahan belanda sampai dengan kisah keberhasilan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dan juga dibagian dasar monumen ini terdapat sebuah museum sejarah nasional yang mampu menampung sebanyak 500 orang. Berdasarkan nilai sejarah yang dimilikinya, Monas masuk dalam daftar wisata di Jakarta selain Mall. Dan berikut ini info singkat dari daftar wisata di Jakarta ini :
Lokasi    : Taman Medan Merdeka, Jakarta Pusat
Operasi    : 08.00 – 15.00 WIB

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Merupakan sebuah kawasan yang menggambarkan keragaman budaya, seni serta bahasa di seluruh Indonesia dengan ukuran yang lebih kecil atau mini. TMII sebutan akrabnya ini masuk dalam daftar wisata di Jakarta selain Mall. Taman Mini Indonesia (TMII) merupakan sebuah gagasan yang lahir pada tanggal 13 Mei 1970 di sebuah rumah yang beralamat di Jalan Cendana no. 8 Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mempunyai fungsi untuk lebih menumbuhkan rasa cinta bagi tanah air dengan melihat kekayaan budaya, seni serta bahasa tanpa harus mengelilingi negeri. TMII dibagi menjadi beberapa bagian, ada bagian anjungan daerah, bangunan keagamaan, sarana rekreasi, taman, museum, gedung teater dan masih banyak lagi yang lainya. Di area seluas 150 hektar ini terpampang nyata wajah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote dengan ukuran yang lebih mini. Dan berikut ini info singkat TMII :
Lokasi    : Jakarta Timur
Operasi    : 08.00 – 15.00 WIB

4. Taman Impian Jaya Ancol
Merupakan tempat rekreasi di Jakarta yang lahir pada tahun 1966. Taman Impian Jaya Ancol atau lebih dikenal dengan sebutan Ancol ini merupakan sebuah kawasan wisata keluarga dengan menawarkan berbagai macam fasilitas hiburan yang sangat mengasyikan. Berbagai objek wisata yang terdapat di kawan seluas ribuan hektar ini dapat ditemui, seperti taman,  pantai, dunia fantasi, atlantis water adventure, gelanggang samudera, sea world, putri duyung cottages, padang golf, marina, pasar seni dan masih banyak lagi yang lainnya. Ancol merupakan alternative wisata di Jakarta yang tepat, karena Ancol masuk dalam daftar wisata di Jakarta selain Mall. Di tempat ini banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati slaah satunya yaitu Dufan atau kepanjangan dar Dunia Fantasi. Dufan merupakan kawasan bermain yang paling mengasyikan yang ada di Jakarta. Permainan yang tersedia disini sangat beragam, mulai dari yang biasa sampai yang menantang nyalipun ada. Jadi, bagi yang ingin merasakan keseruan dari Taman Impian Jaya Ancol, berikut ini info singkatnya :
Lokasi    : Jakarta Utara
Operasi    : 09.00 – 19.00 WIB

5. Kepulauan Seribu
Merupakan kepulauan dengan luas 107.489 hektar. Kepulauan seribu merupakan kawasan perairan lain yang menawarkan keindahan wisata pantai yang begitu mempesona. Di kepulauan seribu terdapat banyak sekali gugusan pulau yang ditawarkan sebagai tempat wisata di Jakarta selain Mall. Panorama yang indah, pasir putih halus, serta deburan ombak seolah membalikan kanyataan tentang Kota Jakarta yang penuh masalah. Disini banyak macam permainan air yang bisa dimainkan seperti banana boat, diving, berenang, jet ski dan masih banyak lagi permainan yang seru yang bisa dicoba. Untuk mencapai pulau ini, bisa ditempuh dengang bertolah dari dermaga Ancol dengan memakai speed boat. Untuk itu Kepulauan Seribu masuk dalam daftar tempat wisata di Jakarta selain Mall. Dan berikut ini info sekilas dari Kepulauan Seribu :
Lokasi    : Kepulauan Seribu, Indonesia
Operasi    : 24 hours

Untuk hotel yang ada di Jakarta, anda bisa menemukan informasinya di Daftar hotel murah di Jakarta tersebut. Jakarta memang sebuah kota yang penuh dengan masalah. Baik itu maslah transportasi, pemerintahan, korupsi dan yang lainnya. Aktifitas yang begitu berat yang dijalani sehingga Jakarta sangat perlu mempunyai wahana yang mampu memberikan ketenangan bagi fikiran. Dan semoga pembahasan mengenai daftar tempat wisata di Jakarta selain Mall bisa menjadi referensi bagi yang berkesempatan melakukan wisata di Jakarta.


Share on Google Plus

Tentang Unknown

Hobi menulis segala sesuatu yang berhubungan dengan travelling seperti tempat wisata, akomodasi serta kuliner.